Bisa dibilang bahwa cantik yang natural merupakan dambaan dari setiap wanita di dunia. Namun sayangnya kekurangan yang ada pada kulit wajah terkadang malah membuat kita menjadi kurang percaya diri. Tak heran apabila banyak wanita menjadikan makeup sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. Makeup sehari-hari yang digunakan tentu harus bisa menutup noda pada wajahmu. Tak hanya itu saja, sebaiknya makeup tersebut juga bisa menonjolkan mata cantikmu dan mempertegas struktur pada tulang wajah.

Namun jangan terkesan berlebihan atau malah menor ya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu memakai sedikit bedak dan alas bedak, lipstik netral, dan riasan mata yang ringan. Tentu akan menghasilkan tampilan wajah yang alami. Berikut ini merupakan beberapa langkah menggunakan makeup natural yang bisa kamu contek sehar-hari.

10 Langkah Menggunakan Makeup Natural Untuk Sehari-hari

Sumber: i.ytimg.com

1. Mempersiapkan peralatan makeup

Sebelum bermakeup ria, tentu kamu harus mempersiapkan beberapa peralatannya, seperti pelembab, alas bedak, bedak, blush on, eyeshadow, eyeliner, highlighter dan bronzer, mascara, kuas riasan, lipstik atau lip gloss.

2. Mempersiapkan wajah

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menggunakan makeup tentu mempersiapkan wajah terlebih dahulu. Kamu bisa mencuci wajah. Sebisa mungkin cucilah wajah sebersih mungkin supaya tampak bersih dan segar. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah secukupnya, atau bisa juga diganti dengan percikan air hangat ke wajah dalam beberapa kali untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut pada kulit.

Kemudian tepuk wajah secara lembut sampai kering memakai handuk. Ingat, handuk yang dipakai sebaiknya berbahan lembut ya. Hidari mencuci wajah dengan memakai air panas, sehingga yang disarankan menggunakan air hangat. Air panas akan membuat kulih wajahmu menjadi kering, bahkan rentan terhadap iritasi juga. Kemudian sebisa mungkin jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosoknya. Hal ini bisa membuat kulit wajah menjadi kendur.

3. Mempertimbangkan untuk mengeksfoliasi wajah

Mungkin kamu akan merasa bingung, apa itu eksfoliasi wajah? Sebenarnya wajah memang tidak perlu dikelupas setiap hari. Kamu bisa mengelupas wajah setiap beberapa hari sekali. Tujuannya agar kulit tetap terlihat segar. Saat kamu mengaplikasikan makeup pada area kulit yang begitu kering dan terkelupas, maka kamu bisa membuat tujuan menggunakan makeup gagal.

Coba lakukan eksfoliasi kulit memakai kuas wajah kecil dengan baik. Ditambah dengan scrub atau alat pengelupas kulit wajah lainnya. Kamu bisa fokus di area-area yang cenderung bersisik dan kering. Memakai masker wajah secara berkala alias rutin merupakan salah satu langkah tepat untuk menjaga kulit wajah tetap berada dalam kondisi baik. Coba pilih masker lumpur yang akan membersihkan pori-pori serta membantu melepaskan kulit kering pada saat kamu mencuci wajah.

4. Mengoleskan pelembab

Sebelum menggunakan makeup, tentu kamu harus mengoleskan sedikit pelembab terlebih dahulu. Pelembab bisa membantu makeup yang kamu gunakan menjadi lebih mudah diratakan. Selain itu, pelembab juga bisa menciptakan tampilan akhir yang terlihat lebih sempurna. Sebelum menggunakan pelembab, kamu harus memilih pelembab wajah yang cocok untuk jenis kulitmu.  Pijatkan pelembab secara lembut pada seluruh wajahmu. Setelah itu biarkan pelembab meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum kamu melanjutkan menggunakan makeup. Ingat, mengaplikasikan riasan pada wajah pada saat masih basah justru bisa membuat berantakan, lho.

5. Memakai alas bedak serta bedak

Pertama, kamu bisa mengoleskan alas bedak dengan memakai kuas alas bedak, jari, atau busa supaya merata. Namun pastikan alas bedak tersebut tidak ada yang menggumpal atau menumpuk. Kemudian hindari juga menebalkan lapisan alas bedak pada noda yang ada di wajah. Hal ini tentu hanya akan membuat noda tersebut menjadi lebih terlihat. Lalu ratakan alas bedak di sekitar tepi wajah, tepatnya di tempat pertemuan dengan bawah dagu.

6. Mengaplikasikan concealer di wajah

Kamu bisa memilih concealer yang cocok dengan warna kulitmu. Namun jika kamu mempunyai lingkaran hitam di bawah mata, sebaiknya pilih warna yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit wajahmu. Coba oleskan concealer menggunakan kuas concealer secara lembut. Bisa juga dengan memakai jari dengan cara menotolkan sedikit di bawah mata, kemudian membaurkannya harus dengan lembut juga sehingga mata akan terlihat cerah dan tidak mengantuk. Apabila kamu ingin mengurangi jumlah makeup yang dipakai, kamu bisa melewatkan langkah ini. Hal ini sebenarnya ditentukan oleh bagian wajah mana yang ingin kamu samarkan dan mana yang ingin ditonjolkan. Coba berikan concealer dalam jumlah lebih banyak pada noda di wajah apabila memang diperlukan. Namun tetap pastikan bahwa kamu memakai warna yang cocok dengan warna kulitmu ya.

7. Menggunakan bedak

Kini saatnya kamu memakai bedak. Sebisa mungkin pilih bedak yang cocok dengan warna kulitmu. Pakai kuas bedak untuk mengaplikasikan bedak pada wajah dengan gerakan yang melingkar. Hal ini bisa memberikan hasil akhir yang terlihat alami pada wajah, kemudian memantapkan alas bedak supaya tidak mudah luntur dan tetap pada tempatnya sepanjang hari. Pada saat kamu mempunyai lebih banyak waktu, maka kamu bisa menambahkan bronzer maupun highlighter untuk mempertegas kontur pada wajah. Usapkan juga blush on pada wajah. Kamu bisa memilih blush on berwarna merah muda.

8. Memakai riasan mata

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan riasan mata seperti eyeshadow. Sebaiknya pilih palet eyeshadow berwarna netral supaya bisa menghasilkan tampilan sederhana. Kamu bisa memilih warna emas, biru, abu-abu, atau cokelat. Tentu kamu harus menyesuaikan dengan warna mata. Ingat, hindari warna-warna cerah dan mencolok pada siang hari.

9. Mengaplikasikan mascara

Gunakan satu lapisan mascara pada bulu mata yang berada di atas dan bawah. Sebaiknya letakkan kuas mascara di bawah bulu mata atas, lalu sapukan ke luar. Setelah kamu selesai dengan satu mata, coba celupkan kuas pada botol mascara tersebut sebelum mengaplikasikan pada mata satunya. Maskara cokelat atau hitam sama-sama bagus digunakan sehari-hari. Namun apabila kamu tidak ingin memakai mascara, maka kamu bisa memakai penjepit bulu mata untuk membuat bulu mata menjadi lebih lentik dan tampilan lebih alami.

10. Mengaplikasikan pewarna bibir

Kamu bisa memakai pewarna bibir berupa lipstik atau lip gloss berwarna netral atau merah muda untuk melengkapi tampilan wajah sehari-hari. Namun sebaiknya hindari memakai lipstik bewarna mencolok, terkesan berani, atau terlalu cerah pada siang hari. Kamu bisa menekan tisu di antara bibir untuk menghapus lipstik yang terlalu berlebih saat dipakai.

Namun jika kamu ingin memakai lipstik berwarna cerah, kamu bisa sedikit mengurangi warnanya dengan cara mengoleskan lisptik pada bibir bawah, lalu menggosok bibir atas dan bawah tersebut agar lipstik bisa menempel pada keduanya. Setelah itu, gunakan lip gloss berwarna bening untuk menutup warnanya.

Itu tadi beberapa langkah menggunakan makeup sehari-hari yang bisa kamu contek. Tentu makeup sehari-hari lebih enak dipandang jika terkesan natural. Bedakan dengan makeup saat hendak pergi menghadiri pesta ya! Selamat mencoba!

Jika kamu suka artikel ini, dan mau melihat yang lainnya, kamu mungkin tertarik juga untuk membaca artikel ini.