10 Cara Memilih Bedak Untuk Wajah Berminyak

Wajah berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit seperti jerawat, flek hitam, kusam, dan komedo. sehingga harus lebih  selektif dalam memilih kosmetik untuk sehari-hari, namun sekarang kamu gak perlu khawatir lagi karena ada 10 cara memilih bedak untuk wajah berminyak. Apa sajakah itu? Simak dibawah ini.

Inilah 10 Cara Memilih Bedak Untuk Wajah Berminyakmengurangi minyak berlebih

Bedak merupakan salah satu kosmetik yang wajib dimiliki oleh setiap wanita untuk penampilan sehari-hari. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak harus lebih selektif dalam memilih bedak agar minyak dapat diatasi dengan baik. Berikut adalah 10 cara untuk memilih bedak yang tepat bagi kulit wajah berminyak:

1. Pilih bedak loose powder (tabur)

Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih bedak loose powder atau bedak tabur karena bedak ini memiliki tekstur lebih lembut dan ringan sehingga lebih nyaman dikulit serta tidak menyumbat pori-pori. Bedak tabur juga mampu mengurangi kadar minyak dan dapat menempel dengan baik di kulit wajah berminyak sehingga riasan tidak luntur meskipun seharian beraktivitas. Dengan menggunakan bedak tabur maka wajah berminyak kamu tidak terlalu mencolok dan juga tidak terlihat terlalu kering.

2. Pilih bedak non wax

Untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan bedak loose powder non wax atau tidak mengandung lilin karena kandungan wax pada bedak mampu menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga dapat menimbulkan masalah jerawat. Bedak non wax lebih aman dan memiliki tekstur lebih ringan sehingga sangat nyaman digunakan untuk kulit berminyak.

3. Pilih bedak bayi

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan kulit sensitive sebaiknya gunakan bedak bayi yang lebih aman dan sehat. Bedak bayi terbuat dari bahan-bahan yang lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga cocok untuk semua jenis kulit. bedak bayi memiliki tekstur lebih ringan dan bebas minyak sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak dan kulit sensitive.

4. Memilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit

Bedak diproduksi dengan berbagai varian warna berbeda sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan yang diinginkan. Sebaiknya pilih bedak dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sehingga lebih terlihat natural dan lebih cocok dikulit wajah.

5. Memilih bedak yang mengantongi label BPOM

Saat ini banyak sekali produk kecantikan seperti bedak yang beredar dipasaran dengan berbagai merek yang bervariasi. Banyak ditemukan bahwa beberapa diantara kosmetik tersebut mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak mengantongi label dari BPOM. Agar terhindar dari bedak berbahaya maka sebaiknya pilih bedak yang telah mengantongi label BPOM dan juga telah terdaftar dalam Depkes RI. Semua produk kosmetik yang telah mengantongi kedua label diatas dijamin lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh seperti mercury dan hydroquinone.

6. Memilih bedak tanpa bahan kimia berbahaya

Agar kulit wajah lebih aman dan sehat maka sebaiknya gunakan bedak yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti hydroquinone atau mercury yang dapat menyebabkan kanker kulit. Memang bedak yang terbuat dari bahan-bahan alami memiliki efek posistif lebih lama tetapi lebih sehat dan tidak menimbulkan efek negative bagi kesehatan kulit wajah.

7. Pilih bedak yang memiliki tekstur ringan

Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih bedak yang memiliki tekstur yang lebih ringan seperti bedak tabur. Kulit wajah berminyak memiliki ukuran pori-pori lebih besar sehingga penggunaan bedak padat mampu menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bedak bertekstur ringan mampu menyerap minyak berlebih sehingga kulit wajah terlihat lebih segar bebas minyak.

8. Memilih bedak yang bermerek terpercaya

Banyak sekali merek kosmetik baru yang mulai bermunculan dipasaran, bahkan sebagian besar merek tersebut kurang populer dikalangan masyarakat tetapi banyak wanita yang ingin mencobanya. Agar lebih aman sebaiknya pilih bedak dari merek yang populer dan terpercaya. Merek kosmetik yang telah populer dan terpercaya memiliki jaminan kualitas yang tinggi sehingga aman digunakan untuk kulit wajah setiap hari. Pada umumnya kosmetik atau bedak dengan merek terpercaya memiliki harga yang lebih tinggi tetapi hal itu sepadan dengan kualitas bahan yang digunakan.

9. Pilih bedak khusus untuk kulit berminyak

Saat ini banyak merek kosmetik terpercaya yang mengeluarkan produk bedak yang memiliki formula khusus untuk kulit berminyak. Bedak ini mengandung oil control sehingga mampu mengurangi kadar minyak berlebih dan sangat aman di gunakan sepanjang hari. Pada umumnya bedak untuk kulit berjerawat memiliki tekstur lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Bedak khusus kulit berminyak ini mudah diperoleh di toko-toko atau outlet kosmetik terdekat.

10. Jangan memilih bedak yang terasa gatak dan panas di wajah

Setiap bedak memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda dan terkadang tidak cocok untuk jenis kulit tertentu. Gejala yang biasa terjadi saat menggunakan bedak yang tidak cocok adalah kulit wajah terasa gatal-gatal atau panas. Jika hal ini terjadi maka segera hentikan pemakaian dan ganti dengan bedak lain.

Itulah 10 cara untuk memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak, pada dasarnya untuk memilih bedak dibutuhkan ketelitian dan pastikan bahwa bedak tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Bagaimana Caranya Agar Bedak Tahan Lama di Kulit Berminyak?

cara memilih bedak untuk wajah berminyak

Memiliki kulit berminyak merupakan hal yang paling dikeluhkan bagi sebagian besar wanita karena kulit berminyak membuat riasan mudah luntur dan wajah terlihat mengkilap seperti penggorengan. Namun kamu gak usah pusing lagi dengan masalah bedak yang mudah luntur karena ada beberapa cara agar bedak tidak mudah luntur di kulit wajah berminyak. Berikut adalah caranya:

1. Jangan gunakan bedak secara berlebihan

Sebagian besar wanita akan panic jika make up mulai luntur sehingga mereka akan menambahkan bedak. Menggunakan bedak secara berlebihan ternyata dapat meningkatkan produksi minyak di kulit wajah sehingga kulit akan terlihat mengkilap seperti penggorengan. Jadi sebaiknya jangan menambahkan bedak lagi di kulit wajah meskipun make up sudah mulai luntur.

2. Gunakan pelembab

Sebagian besar wanita yang memiliki kulit wajah berminyak takut untuk menggunakan pelembab karena dapat menyebabkan minyak semakin mengucur dan riasan rusak total. Hal ini tidak akan terjadi jika kamu memilih pelembab yang tepat untuk kulit berminyak. Gunakan pelembab yang memiliki kandungan ringan sehingga mampu mengontrol kadar minyak di kulit wajah. Pelembab ini juga akan menjaga bedak serta riasan tetap awet sepanjang hari.

3. Membawa kertas minyak dimanapun dan kapanpun juga

Banyak merek kosmetik yang memproduksi kertas minyak yang diformulasikan khusus untuk menyerap kelebihan minyak di kulit wajah. Gunakan kertas minyak untuk mengurangi kadar minyak di kulit wajah, jangan menggosok kertas minyak ini dikulit wajah karena hanya akan merusak riasan saja. Cara penggunaan yang tepat yaitu cukup dengan menekan-nekan kertas minyak ini secara perlahan pada kulit wajah sehingga minyak hilang tanpa merusak riasan.

4. Gunakan produk kosmetik oil free

Saat ini banyak sekali merek kosmetik populer mengeluarkan produk kosmetik oil free yang cocok untuk kulit berminyak. Kosmetik ini juga telah dilengkapi dengan asam glikolat dan bahan lain yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat. Produk kosmetik oil free juga mampu bertahan di kulit wajah berminyak sehingga tidak mudah luntur meskipun beraktivitas sepanjang hari.

5. Hindari kebiasaan memegang wajah

Biasanya cewek memiliki kebiasaan sering memegang wajah seperti menggaruk bagian wajah yang gatal, menutup mulut dengan tangan, memegang dagu, dan lainnya. Kebiasan ini dapat menyebabkan bedak cepat luntur akibat minyak berlebih dikulit wajah. Selain itu kebiasaan memegang kulit wajah juga dapat memperluas penyebaran kuman dan bakteri dari tangan ke wajah.

Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Terhindar Dari Masalah Jerawat

menghilangkan ketombe

Salah satu masalah yang sering timbul pada kulit berminyak adalah jerawat. Timbulnya jerawat disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan minyak kemudian mengendap di pori-pori kulit wajah dalam waktu yang cukup lama. Sehingga bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dianjurkan untuk rutin membersihkan kulit wajah setelah make up dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Namun ada beberapa cara untuk merawat kulit berminyak agar tidak menimbulkan jerawat, diantaranya adalah:

1. Gunakan masker mentimun untuk mengurangi produksi minyak

Mentimun mampu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu blender mentimun segar hingga halus kemudian aplikasikan keseluruh permukaan kulit wajah sebagai masker. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Gunakan masker mentimun ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

2. Menggunakan masker atau peeling alami

Memiliki wajah berminyak harus lebih ekstra dalam memperhatikan kebersihannya agar kotoran dan debu yang menempel di pori-pori dapat dibersihkan dengan maksimal. Cara untuk membersihkan kotoran penyebab jerawat pada kulit berminyak yaitu dengan menggunakan masker atau peeling alami. Cara membuatnya yaitu cukup haluskan pisang dan campurkan dengan madu serta susu. Aplikasikan masker ini keseluruh permukaan kulitw ajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan handuk halus. Gunakan masker alami ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah lebih segar dan bebas dari masalah jerawat.

3. Gunakan jeruk nipis untuk kurangi minyak berlebih

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih segar, putih, dan bebas dari masalah minyak berlebih. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskan irisan jeruk nipis pada seluruh permukaan kulit wajah secara merata dan diamkan hingga mongering. Tetapi penggunaan jeruk nipis pada kulit sensitive kurang dianjurkan karena dapat menyebabkan rasa perih, panas, bahkan iritasi.

4. Kurangi minyak dengan daun seledri

Daun seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya adalah efektif untuk mengurangi minyak berlebih di kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu rebus daun seledri hingga matang kemudian diamkan agar dingin. Basuh wajah dengan menggunakan air rebusan seledri dan biarkan hingga mengering. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah bebas dari minyak berlebih.

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit berminyak agar terhindar dari masalah jerawat dan10 cara memilih bedak untuk wajah berminyak.

One Response

  1. velasco

Add Comment