Kutu rambut adalah salah satu masalah rambut yang sering dialami semua orang baik anak -anak atau orang dewasa. Keberadaan kutu di rambut ini menyebabkan rasa gatal yang berlebih, bahkan bisa menimbulkan luka akibat garukan yang terlalu kuat atau sering. Biasanya kutu rambut sering terjadi pada anak-anak atau remaja karena mereka belum bisa atau terbiasa mengurus rambut dengan baik.

Pengertian Kutu Rambut

Sumber: www.pestworld.org

Penyakit kutu rambut merupakan keadaan di mana kulit kepala terinfeksi kutu, yaitu serangga kecil yang ada di rambut manusia dan hidup dengan menghisap darah melalui kulit kepala. Ukurannya yang begitu kecil membuat beberapa orang tidak dapat melihatnya. Sebenarnya, kutu rambut memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari sebesar biji wijen sampai sebesar kepala peniti. Kemungkinan jika ukuran kutu ini dipengaruhi oleh usia kutu tersebut.

Pada umumnya, telur kutu memiliki masa menetas sekitar 8 sampai 9 hari kemudian akan mencapai ukuran besar atau dewasa, kutu memerlukan waktu 9 sampai 12 hari. Jika sudah dewasa, kutu dapat hidup hingga empat minggu dan setelah itu akan mati dengan sendirinya.

Adanya kutu di rambut sering membuat kulit kepala gatal karena ketika kutu tersebut berjalan maka akan terasa ada yang merayap di atas kepala kita. Rasa gatal inilah yang kemudian membuat seseorang sering menggaruk-garuk kepala akibat efek dari bahaya kutu rambut. Selain itu, tanda lain adanya kutu rambut adalah leher bagian belakang yang mengalami ruam.

Penularan kutu rambut hanya bisa terjadi antara manusia saja, bukan hewan jadi tidak mungkin jika kutu rambut ini muncul dari hewan. Terdapat dua cara penularan kutu rambut, yaitu:

  • Kontak langsung adalah penularan yang terjadi karena rambut yang memiliki kutu bersentuhan dengan rambut orang lain sehingga memungkinkan kutu akan berpindah tempat dan merayap.
  • Kontak tidak langsung adalah penularan yang terjadi melalui perantara yang terdapat kutunya atau telur dari kutu yang digunakan bersama-sama seperti baju, earphone, seprai, topi, sisir, sikat rambut, bantal, handuk, dan helm.

Sebenarnya hanya kedua cara penularan itulah yang dapat terjadi, hanya saja masih banyak orang yang menganggap bahwa kutu dapat terbang dan meloncat dari satu kepala ke kepala lainnya. Selain itu, infeksi kutu rambut juga tidak berhubungan dengan kebersihan rambut. Biasanya penularan ini akan terjadi dalam satu keluarga atau kalangan anak-anak karena mereka berinteraksi secara aktif dan melakukan kontak fisik bersama teman sebayanya.

Cara Mendeteksi Adanya Kutu Rambut

Sumber: www.preventivemedicine201.org

Beberapa orang mungkin tidak merasa jika mereka memiliki kutu rambut, terlebih dengan kecilnya ukuran kutu membuat mereka tidak terlihat. Untuk itu cara yang paling tepat untuk mengetahui keberadaan kutu di rambut adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir khusus ini dapat menangkap atau menjaring kutu rambut karena sisir ini terbuat dari gigi-gigi yang sangat rapat, sekitar 0.2-0.3 mm. Sisir ini bisa terbuat dari plastik ataupun kayu sehingga kamu bisa memilih sendiri mana yang lebih nyaman.

Terdapat dua cara dalam menggunakan sisir serit, yaitu dengan cara kering dan cara basah. Untuk cara basah, lakukan hal ini:

  1. Basahi rambut dan keramas menggunakan shampo
  2. Gunakan juga kondisioner agar rambut lebih halus
  3. Gunakan sisir biasa terlebih dahulu untuk membuat rambut tidak kusut sehingga pergerakan sisir serit bisa lebih lancar
  4. Sisiri rambut dengan sisir serit secara perlahan dari kulit kepala kemudian tarik sampai ke ujung rambut
  5. Periksa sisir apakah ada kutu di sela-sela giginya, selain itu telur kutu juga bisa terselip di sana
  6. Ulangi cara ini sampai seluruh rambut tersisir dengan merata

Cara kering sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara basah. Hanya saja rambut tidak perlu dikeramas ataupun digunakan kondisioner terlebih dahulu. Kamu bisa langsung menggunakan sisir serit seperti pada cara basah. Tapi disarankan bagi kamu untuk menggunakan cara yang pertama karena jika dalam keadaan basah maka pergerakan kutu akan terbatas sehingga lebih mudah untuk terperangkap. Inilah cara menghilangkan kutu rambut.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Sumber: www.botasot.info

Memiliki kutu di rambut memang mengganggu kenyamanan kita. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu rambut namun akan lebih baik jika kita tahu apa penyebab pastinya terlebih dahulu. Meskipun terdapat beberapa penyebab, mungkin hanya satu yang menjadi dasar adanya kutu di rambutmu. Berikut ini adalah penyebab munculnya kutu rambut:

1. Tidak menjaga kebersihan sarung bantal dan sprei dengan baik

Setelah kebersihan rambut sudah terjaga maka saatnya memastikan kebersihan sarung bantal, guling, dan sprei. Bersihkan barang-barang tersebut paling tidak sekali dalam seminggu atau dua minggu. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kutu rambut di tempat tersebut.

2. Tidak dapat menjaga kesehatan dan kebersihan rambut

Kondisi kesehatan dan kebersihan rambut dapat memengaruhi ada atau tidaknya kutu rambut. Jika kamu tidak dapat menjaga kesehatan dan kebersihan rambut dengan baik maka kutu dapat semakin nyaman bersarang di kepala. Jangan sampai rambut kamu dipenuhi dengan kutu rambut dan telurnya sehingga membuatmu merasa kurang percaya diri untuk beraktivitas di luar. Oleh karena itu, lakukan keramas menggunakan shampo secara rutin untuk menjaga kebersihan rambut. Jika perlu berikan vitamin rambut agar kesehatannya juga terjaga sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

3. Pemilihan shampo yang kurang tepat

Pemakaian shampo harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan jenis rambutmu, apakah berminyak, lembab, kering atau seperti apa. Jika kamu salah dalam memilih shampo maka dapat menyebabkan munculnya ketombe. Apabila hal ini terus dibiarkan maka ketombe akan menjadi sarang yang tepat untuk kutu rambut. Oleh karena itu, pastikan jika produk perawatan rambutmu sudah tepat sebagai cara mencegah kutu di rambut panjang.

4. Menggunakan penutup kepala yang jarang diganti

Seperti halnya sarung bantal guling dan sprey yang harus dicuci secara rutin. Penutup kepala juga harus dibersihkan seperti topi, kerudung, helm dan lain sebagainya. Jangan sampai penutup kepala yang kotor dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala, seperti ketombe. Hal inilah yang menjadi sarang bagi kutu rambut.

5. Berteman dengan pemilik kutu rambut

Salah satu cara penularan yang sering terjadi adalah adanya kontak langsung dengan mereka yang sudah punya kutu rambut. Jika kamu merasa tertular kutu ini maka kemungkinan besar jika orang-orang di dekat mu juga ada yang memilikinya, seperti teman atau keluarga.

6. Penggunaan handuk bergantian

Penularan secara tidak langsung dapat terjadi karena pemakaian barang-barang secara bergantian dengan mereka yang sudah punya kutu rambut, termasuk handuk. Ketika handuk digunakan untuk mengusap rambutnya, maka bisa jadi kutu atau telurnya akan menempel pada handuk tersebut. Apabila kamu menggunakan handuk yang sama maka kutu tersebut akan berpindah ke rambutmu.

7. Menggunakan sisir bergantian

Hampir sama dengan pemakaian handuk. Pemakaian sisir secara bersamaan juga dapat menularkan kutu rambut ini. Hanya saja kemungkinan besar tertular jika sisir yang kamu gunakan memiliki gigi yang rapat untuk digunakan dalam cara menghilangkan kutu rambut.

22 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Mudah

Sumber: a.dilcdn.com

Perkembangan zaman membuat semakin banyak obat untuk menghilangkan kutu, seperti dalam bentuk kapur atau lainnya. Untuk itulah kita lebih mudah untuk mendapatkan obat tersebut dan tinggal menggunakannya secara mudah. Menggunakan bahan kimia bukan berarti meninggalkan bahan alami. Masih banyak bahan-bahan alami yang dipercaya untuk mengilangkan kutu dari rambut, bahkan telurnya juga. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut:

1. Benzyl alkohol

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Obat ini akan memutus pasokan oksigen bagi parasit tersebut sehingga mereka akan mati. Penggunaan obat ini hanya diperbolehkan untuk 6 tahun ke atas. Efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan obat ini adalah rasa gatal dan merah di bagian kulit kepala. Dilarang keras untuk memberikan obat ini pada bayi karena akan menimbulkan efek samping yang parah, seperti kejang

2. Malathion

Obat yang bersifat sebagai antiparasit ini berbentuk shampo yang mengandung alkohol tinggi dan hanya boleh digunakan untuk orang berusia lebih dari 6 tahun. Kandungan alkohol yang tinggi membuat kamu tidak boleh menggunakan pengering rambut elektrik ataupun dekat dengan api. Cara pemakainnya bisa diketahui dari informasi yang tertera pada kemasan ataupun bertanya pada dokter agar lebih aman.

3. Lindane

Obat antiparasit ini termasuk dalam kategori obat yang keras dan dilarang penggunaannya bagi mereka yang memiliki riwayat kejang-kejang, wanita mengandung, pengidap HIV dan mempunyai berat badan di bawah 50 kg. Untuk memudahkan cara menghilangkan kutu rambut maka kamu bisa memilih bahan Lindane dalam bentuk shampo.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai pelumas untuk menghentikan kutu agar tidak bisa bergerak bebas serta mencegah perkembangbiakan kutu. Menggunakan minyak kelapa adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan kutu secara permanen.
Cara menghilangkan kutu rambut:

Bilas rambut dengan cuka sari apel secara menyeluruh kemudian biarkan kering terlebih dulu

  • Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut
  • Tutupi kepala dengan shower cap atau handuk
  • Tunggu 6-8 jam atau semalaman
  • Pada pagi harinya, sisir rambut dan kerasam seperti biasa

Untuk hasil yang lebih maksimal maka ulangi cara ini setiap hari dalam satu minggu untuk menghilangkan kutu beserta telurnya. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial adas beberapa tetes. Banyak minyak esensial yang dapat kamu gunakan, seperti minyak cengkeh, adas, pala, neem, daun kayu manis, kayu putih, lavender, dan lain sebagainya.

5. Mayonaes

Bahan makanan yang mengandung banyak minyak ini mempunyai sifat viskositas di mana kutu akan mati lemas.
Cara pemakaiannya:

  • Oleskan mayonaes pada kulit kepala
  • Tutup rambut menggunakan shower cap atau handuk kemudian tunggu sekitar 8 jam atau bahkan semalaman
  • Bilas rambut dengan shampo lalu sisir agar kutu yang tersisa bisa hilang
  • Ulangi cara ini setiap hari dalam satu minggu hingga kutu hilang.

6. Cuka putih

Cara lain yang bisa dilakukan dengan aman dan mudah adalah menggunakan cuka putih. Bahan ini mempunyai asam asetat yang mampu menghancurkan kutu.
Cara pemakaiannya:

  • Larutkan cuka putih dengan jumlah air yang sama
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut kemudian bungkus dengan handuk selama satu atau dua jam
  • Setelah itu sisir rambut dengan gigi yang rapat
  • Cuka putih juga bisa kamu gunakan sebelum dan setelah keramas agar hasilnya lebih maksimal dari cara menghilangkan kutu rambut.

7. Mouth wash

Kebanyakan orang lebih mengenal sebagai obat kumur. Obat ini bersifat antiseptik yang mampu membunuh kutu dan juga membuat kutu rambut lemas sebagai cara menghilangkan kutu rambut sehingga mudah untuk dicari. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan apa saja bahan yang dibutuhkan, seperti obat kumur dan shower cap atau handuk.
Cara pemakaiannya:

  • Tuangkan obat kumur ke dalam wadah tertentu yang sudah besih
  • Spritz obat tersebut ke seluruh kepala hingga basah
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap kemudian tunggu sekitar 2 jam
  • Bilas rambut 2 kali agar tidak ada sisa obat yang menempel pada rambut
  • Ulangi cara ini dalam hitungan bulanan untuk hasil yang efektif

8. Minyak biji sesame

Minyak ini memiliki kandungan antibakteri, antijamur dan sifat insektisida yang tinggi. Untuk itu, minyak wijen dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Campurkan 1/4cangkir minyak biji wijen, 1/8 minyak nimba, 1 sdt minyak pohon teh, 1 ½ sdt kayu putih dan minyak esensial rosemary, serta minyak esensial lavender 10 tetes
  • Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut dan biarkan sampai mengering
  • Oleskan minyak ini pada rambut lalu tutup dengan handuk atau shower cap dan tunggu satu malam
  • Sisir rambut pada pagi harinya secara menyeluruh hingga menghapus kutu yang telah mati lalu keramas seperti biasa.

9. Bawang putih

Siapa sangka jika bahan masakan yang sering digunakan ibu-ibu ini memiliki khasiat untuk menghilangkan kutu rambut. Aromanya yang khas dan begitu kuat membuat kutu menjadi lemas, bahkan hingga mati dan hilang secara permanen. Terdapat dua metode yang bisa dipilih untuk mengaplikasikan bahan ini.
Cara pemakaiannya:

  • Haluskan 8- 10 siung bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa atau air jeruk nipis 2-3 sdt
  • Oleskan pada kulit kepala
  • Tunggu sekitar 30 menit
  • Bilas rambut dengan air panas
  • Ulangi cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal

Cara pemakaiannya:

  • Campurkan jus bawang putih segar, teh hijau, ekstrak lemon, dan minyak kelapa atau minyak goreng
  • Oleskan campupran tersebut pada kulit kepala
  • Tunggu selama 30 menit
  • Cuci rambut menggunakan air panas
  • Lakukan cara ini secara rutin selama 2 bulan agar kutu bisa segera mati

10. Minyak zaitun

Minyak yang kaya akan manfaat ini memang sudah melalangbuana di dunia kecantikan termasuk cara menghilangkan kutu rambut, begitu juga untuk perawatan rambut. Selain untuk menghaluskan, menghitamkan dan menebalkan rambut, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut yang mengganggu. Disini terdapat dua metode yang bisa dipilih.
Cara pemakaian 1:

  • Sebelum tidur, usapkan minyak zaitun ke kulit kepala
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan tunggu semalaman
  • Di pagi harinya, kamu harus menyisir rambut untuk menghilangkan kutu yang sudah mati
  • Bilas rambut dengan shampo alami
  • Ulangi langkah ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Cara pemakaian 2:

  • Usapkan campurkan kondisioner dan minyak zaitun bersama sabun cair secukupnya
  • Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala
  • Tunggu sekitar 1 jam
  • Bersihkan rambut menggunakan kondisioner dan rambut
  • Sisir rambut agar kutu yang mati bisa hilang
  • Ulangi cara ini paling tidak seminggu sekali

11. Minyak bayi

Menghilangkan kutu tanpa telurnya tidak akan menyelesaikan masalah hingga ke akarnya. Percuma jika telurnya juga tidak dihilangkan karena dapat menetas. Baby oil yang sering digunakan untuk melembutkan rambut bayi ternyata juga bisa menghilangkan kutu beserta telurnya. Selain itu, minyak bayi juga sangat berguna untuk cara menghilangkan kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Usapkan baby oil pada rambut lalu sisir rambut secara perlahan sampai kutunya berjatuhan dari rambut
  • Bilas rambut menggunakan detergen dan air panas
  • Sebelum tidur, gunakan beberapa cuka putih pada rambut dan tutupi dengan handuk atau shower cap. Diamkan semalam
  • Pada pagi harinya, sisiri rambut dengan gigi rapat lalu gunakan kondisioner
  • Kamu bisa melakukan cara ini setidaknya 3-4 hari agar hasilnya bisa segera terlihat.

12. Garam

Bahan yang satu ini pasti selalu ada di rumah-rumah karena merupakan bahan masakan yang penting dan harus ada untuk setiap masakan. Selain untuk menambah rasa sedap, garam ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Campurkan ¼ gelas cuka dan ¼ gelas garam lalu aduk secara merata
  • Semprotkan campuran tersebut pada rambut sehingga rambut terasa sedikit basah. Gunakan topi mandi dan tunggu sekitar 2 jam
  • Bilas rambut dan tunggu sampai kering lalu sisir rambut untuk mendapatkan kutu mati

13. Almond

Kacang almond menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Rendam terlebih dahulu 10 almond dalam air semalam
  • Pagi harinya, kupas dan haluskan almond hingga menjadi pasta kental
  • Tambahkan jus lemon 3 sdm dalam pasta tersebut
  • Oleskan pasta secara menyeluruh pada kulit kepala
  • Tunggu selama 2 jam
  • Bilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin
  • Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, tergantung kebutuhan

14. Petroleum Jelly

Nama ini cukup asing di telinga orang awam. Bahan ini mempunyai efek yang menyesakkan kutu sehingga mereka akan menyingkir dengan sendirinya dan cepat. Penggunaan bahan ini akan membuat kutu mati lemas karena tersumbatnya lubang napas mereka melalui cara menghilangkan kutu rambut secara alami tanpa merusak rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Oleskan lapisan tebalnya pada rambut dan kulit kepala
  • Tutup rambut dengan shower cap yang ketat
  • Tunggu semalaman
  • Di pagi hari, kamu bisa menggunakan baby oil untuk menghilangkan kandungan petroleum jelly
  • Cuci bersih rambut dengan shampo biasa secara menyeluruh
  • Jika rambut sudah kering, sisir rambut untuk memastikan bahwa kutu rambut sudah mati dengan sendirinya
  • Agar hasilnya lebih maksimal maka kamu bisa melakukannya satu kali dalam semingguan
  • Lakukan langkah di atas 1-2 bulan untuk melihat hasil perubahannya.

15. Jus jeruk orange

Selain rasanya yang nikmat dan segar, jus jeruk ini juga berfungsi sebagai insektisidan poten yang berkhasiat untuk mengendurkan telur kutu dan membunuh kutunya sebagai cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.
Cara pemakaian:

  • Basahi rambut terlebih dahulu
  • Tuangkan jus jeruk ke kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit
  • Sisir rambut agar kutunya bisa menghilang karena mati
  • Bilas rambut menggunakan air hangat
  • Lakukan cara ini setiap hari selama 2 minggu agar kutu bisa hilang beserta telurnya.

16. Tea tree oil

Minyak alami ini mempunyai properti insektisda yang efektif untuk mematikan kutu rambut. Namun, pastikan jika kamu sudah mencairkan minyak sebelum menggunakannya.
Cara pemakaian pertama:

  • Campurkan minyak pohon teh 1sdt, shampo alami 1 ons, minyak zaitun atau minyak kelapa 3sdm
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap selama 30 menit
  • Bilas bersih rambut dengan air hangat
  • Sisir rambut agar kutu bisa berjatihan
  • Rutinkan cara ini agar mendapatkan hasil terbaik

Cara pemakaian 2:

  • Campurkan minyak pohon teh 1sdt dan minyak lavender ½ sdt
  • Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala
  • Biarkan sampai mengering lalu bersihkan rambut dengan air hangat
  • Lakukan langkah ini secara rutin agar hasil lebih efektif
  • Minyak ini bisa berguna sebagai penolak sehingga akan menjaga kulit kepala dari adanya kutu.

17. Daun nimba/ Indian lilac/ Neem

Daun ini mempunyai bau yang begitu tajam sehingga kuku tidak akan menggigit kulit ataupun menghisap darah dari kulit kepala, bahkan daun ini mampu membunuh kutu.
Cara pemakaian 1:

  • Rebus segenggam daun dalam air dan tunggu sekitar 10 menit
  • Air ini digunakan untuk membilas rambut
  • Ulangi cara ini dua kali seminggu agar kutu bisa segera hilang

Cara pemakaian 2:

  • Oleskan minyak nimba pada kulit kepala dan biarkan 15 menit
  • Sisir rambut agar kutu jatuh dari rambut
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan diamkan semalaman
  • Pada paginya, cucilah rambut dengan keramas seperti biasa
  • Ulangi langkah ini setiap hari selama 2 minggu

18. Bawang merah

Tanpa adanya bawang merah dalam masakan mungkin rasanya tidak akan senikmat jika dilengkapi dengan bawang merah. Selain itu, bawang merah mempunyai kelebihan lain yakni sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah.
Cara pemakaiannya:

  • Haluskan 4-5 bawang dengan blender untuk membuat pasta
  • Letakkan pasta pada saringan dan tekan-tekan untuk diambil ekstrak jusnya saja
  • Oleskan pada kepala sambil memijatnya kemudian tutup kepala menggunakan shower cap
  • Tunggu sekitar 2 jam
  • Cuci rambut dengan keramas menggunakan shampo biasanya
  • Tunggu rambut sampai kering lalu sisir untuk menghilangkan semua kutu
  • Lakukan lagi setiap hari selama 3 hari berturut-turut agar hasilnya lebih maksimal

19. Alkohol

Setelah mendengar kata alkohol mungkin sebagian besar orang akan menganggap bahwa ini adalah minuman yang berbahaya dan memabukkan. Namun, alkohol di sini mengandung isopropil 70% atau alkohol absolut sehingga dapat berfungsi dalam cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari.
Cara pemakaiannya:

  • Tuangkan alkohol dalam wadah tertentu lalu ambil sedikit demi sedikit untuk mengoleskannya pada kulit kepala
  • Oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala menggunakan jari
  • Diamkan beberapa menit
  • Gunakan kondisioner dan gosokkan pada kepala
  • Sisir rambut dengan gigi panjang untuk menghilangkan semua kutu
  • Bersihkan rambut dengan keramas
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali sampai kutu habis

20. Pengering rambut

Sekarang ini, hampir setiap orang memiliki pengering rambut masing-masing. Jika kutu rambut tidak kunjung habis maka gunakan pengering rambut. Berdasarkan penelitian terbaru, pengering rambut modern mampu membunuh sekitar 55% dari 98% kutu. Oleh karena itu, setelah kamu keramas maka gunakan pengering rambut untuk menghilangkan kutu.

21. Detergen

Detergen memang tidak bisa digunakan untuk membunuh kutu tapi bisa meluruhkan telurnya dari rambut. Kamu bisa mencampurkannya dengan bahan lain, seperti gel rambut atau mayonaes agar hasilnya lebih maksimal.

22. Gel rambut

Sebenarnya belum ada banyak penelitian yang mendukung khasiat dari bahan ini. Hanya saja sudah banyak bukti anekdot yang membuktikan gel rambut smoothers sebagai obat kutu rambut yang efektif.
Cara pemakaiannya:

  • Pilihlah gel rambut yang pas kemudian oleskan. Fokuskan olesan pada akar rambut.
  • Bungkus rambut menggunakan handuk atau shower cap dan diamkan semalaman
  • Keramas dengan shampo seperti biasa
  • Sisir segera agar kutu bisa segera luruh

4 Cara Mencegah Munculnya Kutu Rambut

Sumber: cdn-img.health.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata inilah yang sering kita dengar. Sebelum mengalami atau memiliki kutu rambut maka kamu perlu melakukan pencegahannya. Tidak enak jika setiap saat kamu harus menggaruk-garuk kepala karena adanya kutu. Hal ini sering membuat kita merasa malu dan kurang percaya diri. Oleh kaena itu, lakukan beberapa pencegahan di bawah ini:

1. Hindari kontak kepala langsung

Salah satu cara penularan kutu rambut adalah kontak langsung antara rambut seseorang dengan rambut yang memiliki kutu. Untuk itu, jika kamu mengetahui siapa saja teman atau orang sekitar yang memiliki kutu maka jangan mendekatkan kepala pada kepala mereka agar kutu tidak berpindah.

2. Periksa keberadaan kutu secara rutin

Mendeteksi keberadaan kutu harus dilakukan secara rutin agar penanganannya juga bisa dilakukan secara lebih dini sehingga kutu tidak memiliki waktu untuk memperbanyak diri sebagai cara menghilangkan kutu di rambut panjang.

3. Jaga jarak dengan mereka yang punya kutu rambut

Tidak perlu menjauhi teman atau keluarga yang memiliki kutu rambut namun kamu harus tahu bagaimana cara menjaga jarak agar tidak terjadi penularan kutu.

4. Jangan berbagi barang-barang

penularan tidak hanya terjadi melalui kontak langsung dengan rambutnya tapi juga bisa melalui perantara. Jangan menggunakan barang-barang seperti handuk, sprey, sisir dan lainnya dengan mereka yang memiliki kutu karena penularan bisa terjadi.
Kutu rambut mungkin tidak memberikan bahaya yang terlalu besar, hanya saja cukup mengganggu aktivitas karena kulit kepala selalu terasa gatal. Rasa percaya diri pun bisa berkurang karena rambut yang memiliki kutu akan dianggap sebagai orang yang malas atau tidak peduli dengan kebersihan tubuhnya. Oleh karena itu, rawatlah rambut dengan sebaik mungkin agar tidak tertular kutu rambut.