10 Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

Cara menghilangkan mual saat hamil sangatlah diperlukan bagi setiap wanita atau calon ibu. Ketika seorang wanita hamil, maka akan banyak terjadi perubahan di dalam dirinya, baik secara fisik maupun hormonal. Salah satu akibat dari perubahan itu adalah rasa mual di dalam perut. Biasanya hal ini akan diikuti dengan rendahnya nafsu makan pada sang ibu.

Penyebab Rasa Mual saat Hamil

cara menghilangkan mual saat hamil

1. Menderita Asam Lambung

Seorang wanita yang mudanya memiliki asam lambung tinggi, maka ketika ia hamil akan lebih rentan terkena mual. Terlebih bagi calon ibu yang seringkali membiarkan perut dalam keadaan kosong maka asam lambung akan naik dengan cepat.

2. Hormon Meningkat

Hormon esterogen wanita yang hamil akan meningkat. Adanya hormon ini sangat berpengaruh pada meningkatnya asam lambung. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sang ibu merasa mual. Pada dasarnya, hormon ini akan mengalami peningkatan yang signifikan pada pagi hari. Oleh karena itu, mengapa seorang ibu hamil akan merasakan mual-mual yang hebat saat pagi hari.

3. Hormon HCG

HCG adalah hormon yang digunakan sebagai indikasi kehamilan seorang wanita. Ketika tes urin, testpack akan mendeteksi adanya hormon ini di dalam kandungan. Apabila di dalam kandungan sudah ada hormon ini maka hasilnya akan positif. Hormon HCG ini diproduksi oleh ari-ari atau plasenta bayi. Hormon ini dapat menimbulkan perubahan pada kandungan sang ibu sehingga mengakibatkannya merasa mual.

4. Metabolisme Berubah

Pada umumnya, metabolisme sudah mulai berubah ketika masa kehamilan yang masih muda. Perubahan metabolisme ini dapat berpengaruh besar pada daya imun sang ibu. Metabolisme yang semakin lambat akan menyebabkan seorang ibu terkena mual ataupun muntah.

5. Pencernaan Terdesak

Mual biasanya terjadi ketika kehamilan sudah mulai membesar. Hal ini dikarenakan mual disebabkan karena saluran dan organ pencernaan terdesak oleh keberadaan janin. Janin yang semakin membesar maka akan semakin menekan pencernaan sehingga sang ibu akan merasakan mual.

6. Psikologis

Perasaan cemas saat hamil karena merasa belum siap menjadi ibu akan menimbulkan tekanan pada psikologisnya. Salah satu manifestasi rasa cemasnya itu yaitu berupa rasa mual sehingga perlu cara menghilangkan mual ketika hamil.

Nah, gimana para calon mom, sekarang sudah tahukan ternyata penyebab rasa mual itu bisa diakibatkan oleh perbuatan kita sendiri yang kurang memerhatikan kesehatan, serta rasa mual bisa datang karna pengaruh-pengaruh hormon yang ada didalam diri kita. Oleh karena itu, untuk para calon mom khususnya yang menderita asam lambung jangan malas untuk menjaga asupan makan yang bergizi ya, sedikit apapun asupan atau makanan yang masuk sangat membantu kondisi kita saat hamil. Berikutnya kita akan bahas mengenai rasa mual yang berlebihan pada saat hamil.

Kondisi Mual Ketika Hamil Yang Berbahaya

Kondisi Mual Ketika Hamil Yang Berbahaya

Hampir setiap ibu hamil merasakan mual, baik mual ringan ataupun berat. Hal inilah yang menyebabkan rasa mual menjadi wajar bagi ibu hamil. Meskipun demikian, kita harus waspada karena terdapat kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan rasa mual itu kemudian berbahaya. Mual inilah yang memerlukan cara menghilangkan mual saat hamil dan pusing.

Berikut ini indikasi bahaya mual bagi ibu hamil:

  • Ketika makan dan minum sang ibu selalu disertai mual dan muntah
  • Sedikit berkemih dan sedikit jumlah urin
  • Badan terus lesu dan lemas sehingga tidak beranjak dari tempat tidur

Ketiga tanda di atas dapat dijadikan indikasi bahwa sang ibu mengalami hipermisi gravidarum. Penyakit ini adalah penyakit mual dan muntah yang berlebih. Diperlukan perawatan yang intensif untuk menjaga kesehatan sang ibu seperti sedia kala. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat membahayakan nyawa sang ibu dan janinnya. Kekurangan tenaga dan cairan sangat memungkinkan bagi sang ibu untuk tidak dapat bertahan hidup.

10 Cara Menghilangkan Mual saat Hamil

menghirup udara pagi dan makan bergizi

1. Hindari Stres

Sesuai dengan yang telah dijabarkan penyebab rasa mual saat hamil muncul karena kondisi psikologis yang juga berpengaruh terhadap rasa mual sang ibu. Maka dari itu, hindarilah pikiran yang dapat membuat stres atau yang bisa memicu rasa mual serta muntah.

2. Mengambil Jeda Saat Pagi Hari

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya yang mengatakan bahwa ibu hamil akan merasakan mual yang kuat saat pagi hari. Biasanya, ketika pagi hari, seorang ibu akan langsung bangun dan beranjak, namun kemudian terasa mual dan muntah. Oleh karena itu, gantilah bersemangat dan langsung bangun pada pagi hari dengan menunggu di tempat tidur terlebih dahulu hingga rasa mual berkurang atau hilang. Inilah cara menghilangkan mual saat hamil 2 bulan.

3. Menghirup Udara Pagi

Udara pagi dapat membuat rileks pikiran dan perasaan ibu hamil. Ketika rileks, syaraf otak kemudian menghilangkan rasa mual. Jadi untuk para calon ibu ayo jangan malas untuk bangun pagi.

4. Hindari Makanan Penghasil Gas

Makanan yang menghasilkan gas akan menyebabkan perut terasa penuh dan kembung. Hal ini akan menambah rasa mual dan ingin muntah. Beberapa makanan yang menghasilkan gas adalah durian, sawi hijau, kol, tape ketan, nangka, tape singkong dan masih banyak lagi.

5. Mengonsumsi Buah Dingin

Suhu buah yang menurun akan lebih bisa diterima oleh usus daripada buah dengan suhu biasa. Oleh karena itu, rasa mual akan berkurang saat mengonsumsi buah ini.

6. Makan Sedikit Demi Sedikit

Kondisi ini hampir sama dengan orang yang diet dimana makannya sedikit demi sedikit. Meskipun makannya dengan porsi yang sedikit tapi dilakukan dengan sering maka tidak akan menjadi masalah bagi kesehatan sang ibu sehingga terhindar kekurangan tenaga maupun dehidrasi. Porsi sedikit akan lebih diterima oleh tubuh sang ibu sehingga dapat meminimalisasi rasa mual dan muntah.

7. Hindari Makanan Penambah Rasa Mual

Makanan yang dapat menambah rasa mual adalah makanan lemak tinggi, makanan pedas, dan makanan berminyak. Hindarilah makanan-makanan tersebut agar tidak menambah rasa mual ketika hamil.

8. Minum Yang Cukup

Penting bagi sang ibu untuk menjaga cairan di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih untuk menetralisir rasa mual.

9. Mengonsumsi Buah Kaya Vitamin C

Vitamin C dapat menetralisir rasa mual tapi jangan memilih buah yang terlalu asam karena dapat meningkatkan asam lambungnya.

10. Olahraga

Olahraga ringan dapat dilakukan saat hamil, seperti jalan-jalan semampunya. Apabila olahraga ini dilakukan saat masih pagi, maka akan membantu menghilangkan rasa mual.

Oke itu dia beberapa penjelasan mengenai cara menghilang rasa mual saat hamil dan juga beberapa penyebab yang mungkin menjadi faktornya.

Add Comment