Kamu memiliki rambut yang patah atau kaku? Memang masalah yang dialami oleh rambut tidak jauh dari patah, rontok dan sebagainya. Jika rambut kita sudah rusak lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rambut rusak tersebut? Ada berbagai macam cara merawat rambut rusak baik itu rutin melakukan di salon dengan berbagai macam perawatan seperti hair mask, creambath dan sebagainya. Tapi cara merawat rambut rusak akan lebih baik jika diatasi dengan cara yang alami dan bisa dilakukan sendiri di rumah bahkan dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

Berikut Cara Merawat Rambut Rusak dan Memulihkannya Kembali

1. Teknik Keramas dan Pengeringan Rambut Yang Benar

mengeringkan rambut

Cara merawat rambut rusak yang pertama adalah dengan memperhatikan cara keramas serta pengeringan yang benar. Rambut yang bersih mampu dan memijat rambut saat keramas dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit rambut. Selain itu rambut yang bersih dapat mengurangi stress dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Jika rambut kamu berminyak di bagian kulit kepala dan kering pada bagian bawah maka sebaiknya gunakan shampo pada bagian kulit kepala dan kondisioner pada bagian batang rambut. Shampo dirancangan untuk membersihkan rambut sedangakan kondisioner dirancang untuk membantu agar tetap lembap, lembut dan berkilau.

Rambut merupakan bahan yang sanat lembut, maka dari itu berhati-hati saat memperlakukan rambut terutama pada saat basah sangatlah penting. Rambut yang basah sangat mudah merengangdan patah, sebaiknya lakukan secara perlahan saat mengeringan rambut dengan handuk. Kita juga tidak perlu menggosok rambut dengan handuk agar cepat kering karena hal tersebut dapat membuat helai rambut semakin tipis, cukup dengan menepuk-nepuk secara perlahan dengan handuk dan biarkan rambut kita kering dengan sendirinya.

2. Pilih Sisir Yang Baik Untuk Rambut

pemilihan sisir

Sisir merupakan alat yang sangat diperlukan untuk rambut kita. Setiap hari kita akan menggunakannya untuk merapikan rambut kita, maka dari itu pilihlah sisir yang tepat untuk rambut kita jika salah-salah memilih sisir yang terjadi adalah rambut menjadi mudah rontok. Jika itu terjadi kamu harus segera mencari cara merawat rambut rontok agar tidak terlalu parah. Sisir terbuat dari beberbagai macam bahan. Cara memilih sisir yang bener adalah hindari menggunakan sisir berbahan nilon atau plastik karena bahan tersebut beresiko membuat rambut menjadi patah selain itu perhatikan ujung gigi sisir. Jangan menggunakan gigi-gigi sisir yang tajam karena akan bisa membuat kulit kepala terluka. Selain itu bersihkan sisir secara berkala dengan air hangat agar sisa-sisa kotoran atau debu yang menempel pada sisir tidak pindah kerambut kita.

3.  Potong Rambut Secara Rutin

rapihkan rambut

Cara merawat rambut rusak selanjutnya adalah dengan memotong rambut secara rutin. Tidak sedikit wanita bahkan pria ingin memelihara rambut hingga panjang. Memiliki rambut yang panjang bagi wanita memang menarik, tapi bukan berarti kita tidak boleh memotongnya. Memotong rambut secara rutin adalah langkah terbaik agar rambut kita tidak menjadi pecah-pecah dan bercabang. Bagi kamu yang suka dengan model rambut panjang cukup memotong rambut bagian ujung saja. Ini bertujuan agar terhindar dari masalah rambut bercabang. Potonglah rambut minimalnya 6 minggu sekali.

4. Berhenti Menggunaan Perawatan yang Kasar

perawatan rambut kasar

Perawatan rambut yang beredar dipasaran banyak yang membuat rambut menjadi rusak. Karena kandungan didalamnya dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada batang rambut berkurang. Jika kamu ingin merawat rambut rusak kamu, hindari menggunakan pewarna berbahan kimia. Baik dengan bantuan profesional sekali pun atau menggunakan sendiri di rumah jika kamu ingin mewarnai rambut kamu, gunakan lah perawatan yang alami seperti henna dan teh hijau. Kedua bahan tersebut mampu membuat merawat rambut rusak kamu. Selain itu memutihkan rambut tidaklah dibenarkan. Karena dapat merusak batang rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Selain itu untuk meluruskan atau mengeritingkan rambut yang mengandung bahan kimia bisa mengakibatan rambut rusak parah.

5. Lindungi Rambut Dari Sinar Matahari Langsung

perlindungan dari sinar matahari

Memiliki kegiatan yang lebih banyak diluar ruangan apalagi pada saat dibawah terik matahari yang terlalu lama bisa membuat rambut rusak. Jika kegiatan kamu menuntut harus berada di bawah terik matahari sebaiknya gunakan topi atau payung agar rambut kamu tidak langsung terkena sinar matahari. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E untuk mengjaga kesehatan rambut kamu seperti mengkonsumsi kacang-kacangan selain bagus untuk kulit tubuh vitamin E juga untuk vitamin rambut khsususnya kulit kepala kita.

6. Pakailah Penutup Kepala Saat Berenang

penutup kepala saat berenang

Kamu memiliki hobi renang? berenang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk pernafasan kita tapi tidak untuk rambut kita. Air yang digunakan untuk berenang mengandung bahan yang dapat merusak rambut kamu. Untuk tetap bisa berenang dan rambut terjaga sebaiknya gunakan penutup kepala pada saat berenang. Atau kamu bisa bahasi rambut kamu terlebih dahulu dengan air biasa sebelum berenang.

Nah itu dia beberapa tips cara merawat rambut rusak. Masalah pada rambut memang tidak ada habisnya, tapi bukan berarti kita mengabaikanya begitu saja. 6 tips di atas bisa kamu coba untuk merawat rambut rusak kamu agar kembali sehat.