Dampak mencukur bulu wajah bagi wanita harus diperhatikan agar tetap aman untuk kesehatan dan kecantikan. Kecantikan wajah sangatlah penting bagi wanita karena dari situlah ia terlihat cantik dan menarik. Oleh karena itu, mencukur bulu di wajah harus dilakukan dengan cara benar agar tidak berbahaya.

Mengapa Ada Kebiasaan Mencukur Bulu Wajah Bagi Wanita? Dampak Mencukur Bulu Wajah

Seorang pria pastinya sering mencukur bulu yang ada di wajahnya karena ia memiliki kumis dan jenggot. Lalu, apa yang dihilangkan oleh wanita jika ia mencukur bulu di wajah? Cobalah berdiri di depan kaca dan lihatlah wajahmu terutama di dekat rambut, pastinya kamu akan menemukan bulu-bulu halus yang menutupi sedikit area kulit.

Oleh karena itu, banyak wanita yang melakukan pencukuran rambut halus ini untuk mendapatkan wajah yang lebih halus dan luas. Sebagian besar hal ini dilakukan oleh wanita yang akan menikah atau bahkan ada yang melakukannya secara rutin dan berkala. Inilah manfaat mencukur bulu wajah bagi wanita.

Mencukur rambut tidak hanya bisa dilakukan secara manual. Banyak wanita yang rela pergi ke salon kecantikan hanya untuk menghilangkah bulu-bulu halus di wajah. Bahkan mereka rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan wajah halus terbebas dari bulu halus.

Dampak Mencukur Bulu Wajah Bagi Wanita

Tidak bisa dipungkiri bahwa mencukur bulu halus ini membuat wajah kita menjadi lebih halus dan cara ini dianggap bisa mengangkat kulit mati yang ada di wajah. Namun, jika pencukuran dilakukan di atas mulut dan sekitar pipi maka kegiatan ini dianggap terlalu harsh bagi kulit wajah. Selain itu, kegiatan ini juga menyebabkan kulit lebih sensitif dan membuat kulit lebih tipis jika sering dilakukan pencukuran.

Akibat mencukur bulu wajah bagi wanita perlulah diperhatikan sebelum melakukan pencukuran. Bagi kamu yang belum pernah melakukan pencukuran mungkin bertanya-tanya apakah hal ini tidak menimbulkan rasa sakit. Jawabannya adalah tidak masalah jika kamu menggunakan alat cukur yang tepat dan cara pencukurannya pun dengan arah dan gerakan yang benar.

Namun, perlu diketahui bahwa pencukuran ini tidak akan menghilangkan bulu secara permanen melainkan pada kemudian hari bulu tersebut bisa muncul kembali. Pertumbuhan bulu halus ini tidak akan berubah, baik tekstur maupun warnanya. Berbeda dengan bulu di kaki dimana setelah dicukur, rambut tumbuh lebih lebat dan tekstur yang tebal. Jika kamu ingin mencukur bulu halus pada wajah maka siapkan satu pisau cukur dengan jenis pisau miring. Pisau ini lebih aman dibanding pisau lurus ke atas atau ke bawah karena dapat memberikan dampak cukur bulu wajah bagi perempuan yang lebih.

Dalam melakukan pencukuran, kamu harus mengetahui bagaimana cara yang tepat seperti harus menarik kulit secara kencang dan kemudian baru mencukur bulu-bulu halus dari arah bawah menuju dengan sedikit-sedikit atau gerakan pendek. Cara memegang pisau pun juga perlu diperhatikan. Posisikan pisau sekitar 45 derajat pada wajah dan jangan gemetar atau panik saat mencukur karena bisa beresiko.

Setelah selesai mencukur wajah halus di sekitar wajah, kamu harus melembapkan wajah supaya tidak mengakibatkan iritasi atau kondisi kering yang dapat memunculkan warna kemerah-merahan atau mengelupas.

Berdasarkan beberapa pendapat yang ada, terdapat sebuah solusi yang bisa kamu lakukan jika kamu sudah terlanjur sering melakukan pencukuran bulu halus. Sebagai wanita, pastinya kita ingin mendapatkan kulit yang mulus dan halus dengan make up yang sempurna. Oleh karena itu, masih diperbolehkan bagi kamu yang melakukan pencukuran satu kali dalam seminggu asal jangan terlalu sering. Selain itu, jangan mencukur bulu dalam keadaan wajah yang kering, kamu bisa mengaplikasikan gel atau cream untuk menghindari iritasi yang timbul.

Penyebab tumbuhnya bulu pada wajah

Tumbuhnya bulu pada wajah ini tidak dialami oleh setiap wanita. Beberapa diantara wanita memiliki bulu halus yang lebih tebal namun ada juga yang tidak memiliki bulu halus sama sekali. Lantas, apa yang menyebabkan perbedaan kondisi pada wanita ini?

1. Kondisi hormon

Hormon seseorang sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya bulu di sekitar wajah. Terlebih bagi wanita yang sedang mengalami pubertas maka semakin besar kemungkinan bulu akan tumbuh lebih cepat.

2. Keturunan dan genetik

Faktor keturunan juga menjadi salah satu pengaruh yang penting. Lihatlah apakah bapak sama ibu kamu mempunyai bulu di bagian tertentu. Apabila mereka memiliki bulu di area wajah maka kondisimu sekarang ini berasal dari susunan gen DNA.

3. Terlalu sering mencukur bulu

Semakin sering mencukur bulu tersebut maka semakin hitam dan tebal bulu itu akan tumbuh di area wajah.
Dengan melakukan pencukuran bulu halus ini diharapkan dapat membuat make up lebih flawless dan terdapat mitos yang mengatakan bahwa cara ini akan memberikan efek anti-aging.

Bahkan, banyak wanita yang percaya bahwa perawatan ini adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan wajah yang lembut, halus, dan awet muda. Namun, beberapa alasan atau penjelasan justru mematahkan manfaat tersebut. Sebagian besar wanita mencukur bulu ini karena menganggap bahwa mereka juga harus mencukur bulu secara rutin seperti pria sebagai usaha mencegah penuaan dini. Namun, penjelasan para ahli mengatakan bahwa mitos tersebut tidaklah masuk akal.

Berikut ini adalah penjelasan dari para ahli mengenai kebiasaan wanita yang mencukur bulu halusnya, yaitu:

  1. Peneliti menyebutkan bahwa pria mempunyai hormon androgen yang menyebabkan kulit menjadi lebih tebal 25% dibanding kulit wanita.
  2. Para pria memproduksi sebum atau minyak lebih banyak yang membuat kulit mereka lebih lembap sehingga produksi kolagen pada kulit menjadi lebih banyak. Hal inilah yang membuat para wanita mengalami penuaan kulit yang lebih cepat.

Cara mencukur bulu wajah secara alami

Selain mencukur rambut, kamu bisa melakukan cara menghilangkan bulu di wajah secara alami dan permanen, yaitu:

1. Masker pepaya

Kandungan serat dan papain ini memberikan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, kandungan ini juga bermanfat untuk kecantikan. Caranya adalah dengan menghaluskan pepaya dan mencampurkannya dengan bubuk kunyit. Campuran kedua bahan ini kemudian dioleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan tradisional yang kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ternyata kandungan di dalamnya dapat menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah. Caranya dengan menghaluskan kunyit dan memerasnya sampai menghasilkan suatu endapan. Oleskan endapan tersebut dan gosok selama 5 menit lalu bilas.

3. Putih telur

Kandungan protein yang tinggi membuat bahan ini dapat membantu menghilangkan bulu pada wajah. Cara penggunaannya adalah mencampurkannya dengan gula pasir dan kemudian menggosokkannya pada wajah secara perlahan. Tunggu sekitar 30 menit lalu bilas.

Nah gimana? Sekarang sudah paham ya dampak dari mencukur bulu wajah bagi wanita beserta info-info penting seputar bulu wajah. Semoga semakin cantik ya kalian semua.