Semua orang tentu mendambakan memiliki berat badan yang ideal. Terlebih bagi yang masih berusia belia. Dengan memiliki berat badan ideal, maka seseorang biasanya akan lebih percaya diri. Bagi kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal, atau malah menurunkan berat badan juga, kamu bisa memanfaatkan air. Ternyata air bisa membantu menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, hingga membantu mengeluarkan kandungan air yang ada di dalam tubuh.

Selama ini, konsumsi air yang dianjurkan ialah sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari. Dengan diet air putih, kamu bisa melakukan diet dengan cara yang mudah. Tidak perlu susah-susah fitness atau menahan tidak makan. Dengan mengonsumsi air putih sebanyak 3 liter setiap hari, kamu bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Pembakaran kalori di dalam tubuh pada saat berolahraga pun akan lebih maksimal. Supaya diet air putih terasa tidak membosankan, kamu bisa menambahkan dengan beberapa bahan lain, seperti madu, teh, jeruk, dan masih banyak lainnya.

Tujuannya supaya air yang diminum tidak terasa hambar. Tak hanya bisa membuat racun di dalam tubuh luruh saja, namun juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, membantu meningkatkan konsentrasi, hingga terbebas dari penyakit. Sebelum menjalankan diet air putih, sebaiknya perhatikan beberapa cara berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih

1. Kurangi minum minuman kemasan

Semakin banyak kamu mengonsumsi minuman dalam kemasan, maka kamu juga akan semakin banyak mengonsumsi yang manis-manis. Selain itu, minuman kemasan juga mengandung banyak bahan yang tidak baik bagi kesehatan, seperti pengawet dan pemanis buatan. Tentu saja kandungan seperti ini bisa membuat kamu obesitas atau bahkan terserang penyakit diabetes. Tentu saja kamu perlu memperbanyak minum air putih yang memiliki banyak khasiat.

2. Mengonsumsi air putih lebih dari 4 liter

Saat kamu berada dalam proses diet, maka sebaiknya kamu minum air putih sekitar 4 liter per hari. Banyaknya air putih tentu akan membuat proses diet menjadi lebih cepat. Air putih bisa membantu melarutkan racun dan lemak yang telah menempel di dalam tubuh melalui air seni saat dikeluarkan.

3. Minum air putih sebelum makan

Langkah yang satu ini dikatakan cukup ampuh. Kamu bisa minum air putih sebelum makan, minimal 1 gelas saja. Dengan minum air putih sebelum makan, rasa lapar pun bisa tertunda. Kamu bisa merasa lebih kenyang, sehingga akan mengonsumsi sedikit makanan nantinya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kalori yang diserap tubuh. Jumlah kalori yang diserap akan lebih sedikit. Selain itu, minum air putih sebelum makan juga bisa menghindari dari rasa cegukan pada saat sedang makan.

4. Mengonsumsi air putih saat bangun tidur di pagi hari

Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengonsumsi air putih setelah bangun tidur pada pagi hari. Kamu bisa mengonsumsi 2 gelas air putih pada pagi hari karena makan malam yang dikonsumsi semalam sudah dicerna, sehingga perut pun berada dalam keadaan kosong. Selain makanan sudah dicerna, tubuh pun kekurangan cairan. Sehingga 2 gelas air putih tersebut bisa membuat kamu merasa lebih kenyang. Tak hanya bisa menurunkan berat badan saja, namun juga dapat membuat kulit menjadi lebih segar dan cerah. Kemudian ginjal juga lebih sehat, membersihkan usus, dan melancarkan buang air besar. Bisa dibilang dengan meminum air puith di pagi hari, maka kamu bisa terhindar dari penyakit sembelit.

5. Meredakan rasa lapar dengan air putih

Sudah banyak dijelaskan di atas bahwa mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak memang bisa meredakan rasa lapar, sehingga akan berpengaruh terhadap berat bedan. Jadi, saat kamu merasa lapar dan ingin nyemil, sebaiknya minum air putih sebanyak 2 hingga 3 gelas air putih saja agar terasa lebih kenyang.

6. Melakukan detox air

Detox air merupakan salah satu terapi air yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara cepat. Saat ini ada banyak jenis terapi air yang dapat kamu coba untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, detox air juga berguna membuat kamu tetap sehat dan bugar. Lakukan detox air yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

7. Mengombinasi salad dengan air

Kamu bisa mengombinasikan salada dengan memakai air putih. Salad yang memiliki banyak manfaat serta dapat menyehatkan pencernaan ini bisa dikombinasikan dengan air putih yang mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Kombinasi keduanya memang diyakini bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan tepat.

8. Mengonsumsi air hangat secara rutin

Kamu bisa mengonsumsi air putih hangat untuk menurunkan berat badan. Cara ini bisa dilakukan secara rutin pada pagi hari juga, sama seperti poin nomor lima. Namun kali ini kamu bisa menambahkan air hangat dengan buah-buahan supaya rasanya tidak hambar. Atau kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu ya.

9. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air

Pada saat sedang makan, kamu bisa mencari makanan yang mengandung air dalam jumlah tinggi. Jenis makanan yang bisa kamu pilih ialah sayur dan buah-buahan, seperti stroberi, semangka, tomat, zukini, persik, nanas, kembang kol, brokoli, dan masih banyak lainnya. Namun jika kamu ingin memakan daging, kamu bisa mencoba daging rendah lama, seperti ayam atau kalkun. Jangan mengonsumsi daging merah atau daging babi ya.

10. Mengurangi asupan garam

Sebaiknya kurangi asupan garam yang kamu konsumsi agar dapat membantu mengurangi kandungan air di dalam tubuh secara cepat, terlebih apabila digabungkan dengan peningkatan asupan air minum harian. Kamu perlu memerhatikan kandungan natrium yang ada pada label makanan. Biasanya beberapa makanan yang terlihat tidak banyak mengandung garam mungkin saya malah kaya akan natrium.

Itu tadi beberapa cara jitu menurunkan berat badan dengan menggunakan metode diet air putih. Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Tentu kamu akan berhasil jika benar-benar melakukannya secara maksimal. Selain untuk diet, mengonsumsi air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi air putih, seperti menghilangkan depresi, membuat rambut terlihat lebih berkilau dan sehat, menjaga kinerja ginjal, meningkatkan fungsi otak, mencegah penuaan dini, mencegah penyakit sembelit, dan masih banyak lainnya. Sedangkan jika kekurangan air, kamu malah berisiko mengalami beberapa hal seperti dehidrasi, tubuh menjadi mudah lelah, sistem pencernaan menjadi terganggu, hingga gangguan pada fungsi ginjal. Jadi, jangan sampai kekurangan air putih ya!