8 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil & si Calon Bayi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil rupanya tidak sedikit. Alpukat bukan hanya enak buat dijus dan dinikmati dengan menambahkan susu coklat, melainkan buah ini juga mampu memenuhi nutrisi para ibu hamil supaya sang ibu dan si janin keduanya selalu sehat. Banyak kasus ibu hamil yang tidak nafsu makan sehingga malah berat badannya hilang banyak karena sering mual dan muntah. Konsumsi alpukat akan sangat baik seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

manfaat alpukat untuk ibu hamil

1. Mencegah Anemia

Beberapa ibu hamil bisa saja kekurangan zat besi sehingga terkadang suka pingsan atau pusing yang menandai bahwa mereka mengalami anemia. Supaya hal ini tidak terjadi, mengonsumsi alpukat akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh. Tidak usah banyak-banyak, cukup makan beberapa potong saja sudah lebih dari cukup.

2. Mengatasi Kram

Ibu hamil seringkali merasakan kram di kaki atau tangan atau bahkan keduanya di mana memang hal ini dianggap sangat wajar, tapi kalau bisa dicegah, sebaiknya lakukan pencegahan, yaitu dengan makan buah alpukat. Potasium yang terkandung di dalam buah ini akan membantu para ibu hamil mencegah atau mengobati rasa kram, nyeri atau sakit selama proses kehamilan.

3. Membuat Cepat Kenyang

Untuk membuat kenyang lebih lama, mengonsumsi buah alpukat adalah yang paling tepat. Hanya 3,4 gram plus serat, ibu hamil akan lebih cepat merasa kenyang dan kenyangnya pun juga tahan lama. Asam oleat pada alpukatlah yang membuat semua ini bisa terjadi. Daripada lemak trans dan lemak jenuh di makanan olahan, lemak tak jenuh dari alpukat jauh lebih bermanfaat untuk tubuh.

4. Memberi Perlindungan pada Penglihatan Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil 9 bulan lainnya adalah memberikan perlindungan terhadap penglihatan para ibu hamil. Kurangnya lituein biasanya bisa meningkatkan risiko katarak dan gangguan penglihatan lainnya, maka dengan mengonsumsi alpukat, lituein akan secara otomatis meningkat sehingga segala gangguan penglihatan bisa dicegah.

Alpukat Bermanfaat bagi Ibu dan Sang Janin

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Selain dari ibu hamil itu sendiri bisa mendapatkan berbagai manfaat dari alpukat, sang janin pun juga akan merasakan dampak positifnya apalagi dalam masa perkembangannya di dalam perut. Memakan buah alpukat secara rutin akan membantu supaya kebutuhan akan ΒΌ asupan harian bisa terpenuhi. Hal ini akan mencegah bayi lahir cacat juga.

2. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin lainnya adalah asupan kalsium yang akan terpenuhi dengan baik. Bukan hanya sang ibu saja yang butuh kalsium, melainkan janin pun membutuhkannya supaya pertumbuhan dan pembentukan tulang bisa berjalan dengan baik, menjadikan bayi nanti lahir sehat, kuat dan sempurna. Sebagai zat pembangun, alpukat ini bisa diandalkan sepenuhnya.

3. Mencegah Terjadinya Komplikasi

Banyak ibu hamil yang mudah lelah dan akhirnya memengaruhi kondisi janin. Selama masa kehamilan, untuk memberi pencegahan akan insomnia, anemia, dan komplikasi serta gangguan lainnya, konsumsi alpukat yang memiliki kandungan asam folat akan sangat baik. Manfaat alpukat untuk ibu hamil muda juga tergolong sangat oke. Hati-hati juga akan preklamsia di mana ibu hamil mengalami darah tinggi dan mengakibatkan kematian pada bayi sebab bayi akan keracunan. Meski persentase kejadian tersebut 5-8%, tetap
perlu diwaspadai dan dicegah.

4. Mencegah Deformitas

Deformitas diketahui juga sebagai susunan gigi tetap yang jauh dari kata teratur sebab pada bagian rahang ada kelainan. Untuk mencegah hal ini terjadi pada bayi selama proses perkembangannya di dalam perut, maka konsumsi alpukat bisa menolong sepenuhnya. Mengapa harus alpukat, itu karena ada asam folat yang terdapat di dalam buah ini di mana pengembangan organ tubuh si bayi akan dibantu supaya saat lahir nanti sang buah hati tidak akan kekurangan suatu apapun. Keduanya baik sang ibu dan jabang bayi bisa sehat sempurna.

Para ibu hamil pada dasarnya membutuhkan asupan asam folat yang seharusnya dapat terpenuhi sebanyak 400mcg setiap harinya yang memang lebih banyak dibandingkan kebutuhan para wanita yang tidak hamil, yaitu hanya 180mcg. Kelengkapan pasokan prenatal juga wajib dipastikan berikut juga vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Coba dan dapatkan manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Add Comment