Kita semua pasti sudah tahu bahwa jeruk nipis merupakan buah berbentuk bulat warna hijau dengan rasa sangat masam. Akan tetapi, sudah tahukah kita manfaat jeruk nipis untuk diet yang sangat dahsyat? Di bawah ini akan dibahas informasi serta tips-tips mengonsumsi jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Untuk apa menggunakan cara diet dengan bahan kimia yang tidak sehat jika ada cara alami yang jauh lebih sehat dan terpercaya tanpa efek samping?

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Kamu

manfaat jeruk nipis untuk diet

1. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk diet sehat adalah berfungsi sebagai bahan detoksifikasi tubuh yang sangat ampuh. Artinya, jeruk nipis dapat mengeluarkan zat-zat beracun yang tidak dibutuhkan tubuh dengan mudah termasuk lemak dan kotoran dalam usus. Pencernaan kita pun akan jauh lebih lancar dengan mengonsumsi jeruk nipis ini. Untuk melakukan detoks dengan jeruk nipis, caranya sangat sederhana.

Pertama, kita bisa membuat infused water jeruk nipis. Potong saja jeruk nipis berbentuk lingkaran tipis dan masukkan ke dalam air dingin. Buang kulitnya sebisa mungkin agar rasa infused water tidak pahit. Dinginkan campuran air dan jeruk nipis tersebut dalam kulkas selama 24 jam. Buat sebagai pengganti air putih setelah makan. Cara kedua yang bisa diterapkan adalah memasukkan beberapa tetes air jeruk nipis dalam air hangat.

Minum campuran tersebut secara rutin setiap pagi. Tak lama kemudian kebanyakan orang akan buang air besar sebagai tanda dari racun yang terbuang. Cara ini kurang disarankan untuk beberapa orang yang mengidap maag akut karena penyakitnya mungkin bisa bertambah parah.

2. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat jeruk nipis untuk diet dan kecantikan lainnya adalah mencegah radikal bebas. Bagiamana tidak. kandungan anti oksidan dalam buah ini sangat tinggi dan bersaing dengan buah-buah lainnya seperti apel. Kulit akan terlihat lebih cerah dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dan badan akan lebih tinggi kemungkinannya terhindar dari kanker. Konsumsi jus jeruk nipis setidaknya 1 kali dalam seminggu atau konsumsi infused water jeruk nipis setiap hari untuk hasil terbaik. Kebiasaan baik ini sangat disarankan untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan kemudian terpapar polusi dari kendaraan bermotor.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk diet menurunkan berat badan adalah membakar lemak dalam tubuh. Kandungan asamnya dapat meluruhkan lemak yang baru saja kita konsumsi dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan kita mengonsumsi es jeruk nipis dingin setelah makan makanan berlemak maupun kolesterol tinggi seperti kari, gulai, gorengan, dan sebagainya. Bukan hanya meluruhkan lemak, jeruk nipis juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal ini disebabkan kandungan limonin dalam jeruk nipis yang dapat mencegah produksi zat apo B melalui sel-sel hati. Zat apo B ini akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh jika kuantitasnya dalam tubuh pun meningkat. Oleh karena itu jika selama ini kita sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan belum mengecek kesehatan lagi, pastikan jus jeruk nipis menjadi minuman wajib selama 2 sampai 3 kali seminggu. Niscaya kadar kolesterol dalam tubuh akan baik-baik saja (tidak terlalu tinggi). Dalam memasak makanan asam pedas, kita juga bisa menambahkan sedikit lebih banyak jeruk nipis selama rasanya tetap bisa dinikmati.

4. Tidak Mudah Lapar

Jeruk nipis jika dimakan secara langsung, selama kita tahan asamnya, bisa membut kita kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan serat sangat tinggi dalam jeruk nipis dan jeruk nipis juga memiliki sifat mengosongkan lambung. Ini adalah salah satu peran polisakarida non pati yang juga berhubungan dengan tingginya serat dalam buah tersebut. Membiasakan diri makan jeruk nipis setelah makan berat akan mengontrol lambung untuk merasa kenyang dengan lebih sedikit makanan dibandingkan biasanya. Hal ini akan membantu proses diet seseorang dan berat badan akan turun jauh lebih mudah.

Jika kita tidak tahan asamnya memang sebaiknya jangan dipaksa, buah ini selalu bisa diolah terutama dalam bentuk minuman dingin. Sebisa mungkin hindari pencampuran jeruk nipis dengan air yang terlalu panas. Pasalnya, air yang terlalu panas akan membuat kandungan vitamin dalam jeruk berkurang. Jika kamu memiliki riwayat penyakit maag, kondisikan perut terlebih dahulu dengan makan jeruk nipis bersama madu atau gula.

Setelah membaca artikel tersebut di atas, sangat banyak kan manfaat jeruk nipis untuk diet? Masih mau diet yang menghamburkan banyak uang dengan hasil yang tidak jelas? Beralihlah ke diet jeruk nipis mulai sekarang.