7 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Tua Maupun Muda

Manfaat semangka untuk ibu hamil ternyata cukup besar dan sangat membantu agar tubuh para ibu hamil serta janinnya sehat semua. Semangka bukan hanya buah yang cocok  dikonsumsi saat cuaca sedang panas-panasnya atau dihidangkan sebagai pencuci mulut, melainkan juga memberi manfaat besar bagi para ibu hamil yang ingin selalu sehat dan jauh dari segala gangguan yang biasanya dialami saat hamil.

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil di Awal-awal

1. Mengatasi atau Mengurangi Morning Sickness

Mengatasi atau Mengurangi Morning Sickness

Banyak ibu-ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Hal ini biasanya memang juga menandai bahwa seorang wanita telah isi di awal-awal. Dengan mengonsumsi semangka setiap pagi secara rutin akan mengurangi risiko morning sickness yang sangat tidak nyaman. Morning sickness bisa menyebabkan mual dan muntah, tapi efek semangka akan membuat tubuh jadi terasa lebih segar dan tenang. Tubuh ibu-ibu hamil muda akan mendapat gizi dan energi yang cukup di mana segala keluhan atau gangguan lain pun akan dicegah juga.

2. Mengatasi Kram

Mengatasi Kram

Usia kehamilan yang masih muda pun juga bisa mengalami kram karena ada perubahan yang terjadi pada tubuh seorang wanita yang tengah hamil. Selain berat badan yang naik, hormon pun ikut berubah dan otot serta tulang bakal jadi sering kram dan sakit. Konsumsi buah-buahan, terutama buah semangka akan membantu mengatasi hal tersebut. Perubahan yang memicu rasa sakit, nyeri maupun kram akan terkurangi, jadi selama hamil tidak perlu takut untuk ke mana-mana dan menggerakkan tubuh juga. Manfaat semangka untuk ibu hamil muda memang cukup besar dan inilah dua manfaat yang bisa dirasakan kalau mulai mengonsumsi semangka mulai dari sekarang.

Semangka & Manfaatnya bagi Ibu Hamil Tua

1. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi kerap terjadi pada para ibu hamil dan kalau dibiarkan bisa fatal akibatnya. Kontraksi prematur menjadi salah satu akibat yang pastinya sangat tidak diharapkan. Kelahiran prematur pun juga jadi akibat yang kalau bisa tidak terjadi. Ingat kalau 90% air adalah kandungan dari buah semangka, jadi jelas aman kalau dimakan oleh ibu hamil apalagi demi pencegahan dehidrasi.

2. Mengatasi Pembengkakan

Mengatasi Pembengkakan

Ibu hamil juga tidak lepas dari pembengkakan apalagi di kaki dan tangan biasanya. Edema adalah sebutan untuk kondisi seperti ini dan selama masa kehamilan memang wajar terjadi. Hanya saja, kalau memang bisa dicegah dengan buah semangka maka dapatkan manfaat semangka untuk ibu hamil tua ini. Lagi-lagi berkat kandungan air di dalam buah semangkalah yang bisa membuat penyumbatan di pembuluh darah menjadi berkurang, termasuk di bagian otot juga, jadi edema pun bisa dicegah secara lebih efektif.

3. Menjaga Organ Penglihatan Janin

Menjaga Organ Penglihatan Janin

Karena vitamin A yang terkandung di dalam buah semangka cukup tinggi berikut juga antioksidannya, jadi sangat bagus buat janin. Organ penglihatan janin akan dijaga dengan baik. Antioksidannya berasal dari senyawa karotenoid yang ada pada vitamin A dan tentunya akan sangat berguna buat memberi perlindungan pada tubuh sehingga jauh dari radikal bebas. Segala radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh bisa dinetralisir; inilah salah satu dari manfaat semangka untuk ibu hamil 9 bulan.

4. Membentuk Tulan Janin

Membentuk Tulan

Selain bagus untuk ibu hamilnya, semangka juga memiliki kandungan baik yang memberi efek positif bagi si janin. Ada kalium yang terdapat di buah semangka yang akan membantu supaya kalsium di dalam tubuh dapat dipertahankan. Proses dari terbentuknya tulang janin bakal didukung secara sempurna dengan hal ini. Tidak hanya tulang saja, tapi sendi-sendi pada tubuh sang ibu pun juga menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Memperlancar Urine

Memperlancar Urine

Selama proses hamil, mungkin banyak yang mengalami aliran urine dalam tubuh tidak begitu lancar. Dengan konsumsi semangka yang mengandung banyak air, maka aliran urin bisa lebih lancar dan hal ini otomatis juga menjaga kesehatan organ ginjal para pengonsumsinya.

Banyak ibu hamil yang kurang memerhatikan asupan gizi mereka. Demi mengalami proses melahirkan yang lebih baik dan si janin pun lebih sehat dan kuat saat lahir, buah semangka ini boleh dipilih untuk dikonsumsi setiap hari.

Add Comment