Inilah 5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sudah mulai dikenal oleh banyak orang. Meskipun susu ini berasal dari tanaman tapi manfaatnya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kedelai sangat bermanfaat untuk kesehatan seseorang, termasuk ibu hamil. Apabila kesehatan dan nutrisi sang ibu terpenuhi maka secara tidak langsung akan menjaga kesehatan janinnya juga.

Pelajari Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil sebelum Mengkonsumsi

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Susu kedelai mulai terkenal beberapa tahun ini. Sebagian besar orang menganggap bahwa susu ini akan berakibat fatal apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Mereka mengatakan jika mengonsumsi susu kedelai dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu banyak ibu-ibu meremehkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil muda.

Meskipun pernyataan tersebut tidak salah, tapi perlu sedikit pemahaman mengenai hal ini. Tidak hanya untuk susu kedelai, segala macam susu ibu hamil akan berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. Oleh karena itu, setelah ibu hamil melewati masa tersebut, mereka diperbolehkan memilih berbagai macam susu untuk ibu hamil, termasuk susu kedelai.

Ternyata susu kedelai memiliki kandungan nustrisi yang tidak kalah dengan susu lainnya dan memiliki manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tua. Berikut ini adalah beberapa kandungan beserta manfaatnya:

1. Karbohidrat

Siapa yang tak kenal dengan manfaat dari karbohidrat. Susu kedelai ini juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Ketika seorang ibu yang hamil mengonsumsi susu ini, energi mereka akan tetap terjadi sehingga tidak akan mudah lelah. Karena fungsinya sebagai penyedia energi, sehingga kekebalan ibu akan tetap terjaga dan pada akhirnya akan menjaga kesehatan sang janin juga. Selain itu, dengan kekebalan dan kesehatan yang terjaga maka ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pada umumnya, ibu hamil mengalami mual dan muntah sehingga ia akan lemas. Oleh karena itu, susu ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu.

2. Asam Folat

Susu kedelai ini mengandung banyak asam folat. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sang ibu dan bayinya. Apabila ibu hamil secara rutin mengonsumsi susu kedelai maka akan membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah membantu pembentukan sel syaraf. Hal ini membuat janin menjadi lebih cerdas.

3. Protein

Protein memiliki berbagai jenis sesuai dengan manfaatnya. Namun tak usah khawatir, dalam susu kedelai juga menyimpan protein dengan lengkap, seperti arginin, treonin, lisin dan glisin. Protein ini berperan penting bagi pertumbuhan organ janin. Ketika seorang ibu yang hamil mengonsumsi susu kedelai secara teratur, maka kandungan protein dapat menjaga dan mengontrol pertumbuhan organ sang janin agar dapat berkembang secara optimal.

4. Vitamin

Vitamin memiliki banyak jenis yang semuanya memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan, baik sang ibu atau janin. Seperti halnya vitamin C dapat bermanfaat sebagai sumber energi, vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat sang ibu tampak segar sehingga ia masih dapat beraktivitas seperti biasa. Inilah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan bayi.

5. Lemak Nabati

Seperti yang kita tahu. Susu kedelai ini terbuat dari tanaman atau nabati, yakni dari kedelai. Oleh karena itu, susu kedelai memiliki kandungan lemak nabati yang cukup tinggi. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki susu kedelai, karena kandungan lemak nabati ini tidak dimiliki oleh susu lainnya. kandungan ini berfungsi untuk mengatasi kolesterol atau minyak jahat di badan sang ibu. Karena apabila minyak ini terus didiamkan maka dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius. Inilah kenapa susu kedelai bermanfaat ketika melewati masa trimester pertama.

Berdasarkan uraian di atas, sebagai seorang ibu yang hamil, kita tidak hanya memikirkan kesehatan sang ibu tapi kita juga harus menjaga kesehatan dan keselamatan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menambah pengetahuan mengenai segala hal yang boleh dilakukan orang hamil dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Termasuk dengan memperhatikan makanan dan minuman yang bermanfaat bagi ibu dan janinnya. Karena ketika kita hamil, tak semua makanan atau minuman dapat dikonsumsi. Demikian manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Add Comment