Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Bagi sebagian wanita memiliki rambut yang sehat dan indah bisa menambah kepercayaan diri pada setiap penampilan. Namun tidak sedikit dari mereka memiliki masalah pada rambut seperti rambut rontok. Mencegah rambut rontok lebih baik daripada kita harus mengatasi rambut rontok yang sudah terjadi.

Tips Mencegah Rambut Rontok Secara Alami Dan Cepatmencegah rambut rontok

Tahukan kamu pertumbuhan rambut kita terbagi menjadi 3 fase. Fase pertama adalah pertumbuhan, fase kedua disebut fase istirahat, dan fase terakhir yaitu fase ketiga adalah fase kerontokan. Faktanya, rambut rontok tidaklah seseram yang dibayangkan. 40-100 helai perhari masih terhitung wajar dan normal. Tapi bagaimana jika lebih dari 120 helai per hari? Rontok, kusam dan kering merupakan beberapa masalah yang sering dialami oleh para wanita. Berikut tips yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Manfaat lidah buaya sudah banyak orang tahu, khususnya untuk rambut. Kandungan yang dimiliki oleh tumbuhan satu ini mampu mengembalikan dan meremajakan kembali sel-sel kulit kepala yang rusak, selain itu liday buaya mampu membentuk sel-sel jaringan rambut lebih sehat. Cara mengaplikasikan lidah buaya pada rambut pun tidak terlalu sulit. Ambil 1 batang lidah buaya kemudian potong menjadi 2 bagian. Gunakan bagian dalam untuk mengusapkan kepada seluruh permukaan kulit kepala sampai ujung rambut. Setelah itu diamkan sekitar 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimalkan lakukan 2-3 kali setiap minggu.

2. Jahe

jahe untuk rambut rontok

Khasiat jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, jahe pun bisa digunakan pada rambut untuk mencegah rambut rontok. Penerapan jahe pada rambut dapat dilakukan dengan cara membersihkan jahe terlebih dahulu. Setelah itu potong kecil-kecil lalu blender sampai halus. Oleskan jahe yang sudah halus tadi pada bagian yang rontok. Gunakan sebelum tidur dan bilas keesokan pagi hingga bersih. Untuk membersihkan ini juga bisa langsung menggunakan shampoo.

3. Bawang Putih

bawang putih untuk rambut rontok

Selain untuk bumbu dapur yang terkenal dengan bau yang menyengat. Sebagian orang mungkin kurang menyukai bau bawang putih tersebut. Tapi tahu kah kamu? Bawang putih ini ternyata mempunyai khasiat untuk obat mencegah rambut rontok. Caranya hampir sama dengan jahe atau bahkan bisa kamu kombinasikan antara jahe dan bawang putih lalu di blender hingga halus seperti jus. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas menggunakan shampoo hingga bersih.

4. Teh Hijau

teh hijau untuk rambut rontok

Teh hijau banyak sekali manfaatnya selain untuk menurunkan berat badan. Teh hijau banyak mengandung antioksidan yang tinggi yang berguna untuk mengurangi masalah rambut rontok. Tidak hanya sampai disitu, manfaat teh hijau juga membantu untuk menumbuhkan rambut. Caranya cukup mudah, seduh 2 kantung teh hijau dengan air hangat ke dalam gelas atau mangkuk kecil. Usapkan air teh hijau tersebut pada rambut mulai dari akar rambut hingga ujung rambut. Diamkan kurang lebih 1 jam lalu bilas hingga bersih.

5. Buah Alpukat

alpukat untuk rambut rontok

Buah Alpukat selain memiliki lemak yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita, juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan rambut. Cara untuk penerapan pada rambut cukup dengan blender atau hancurkan ke dalam mangkuk, aduk sampai seperti masker yang biasa digunakan untuk creambath. Oleskan keseluruh bagian rambut. Diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Yoghurt

yohgurt untuk rambut rontok

Minuman yang digemari semua kalangan ini sangat baik untuk pencernaan kita. Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan yoghurt bukan berarti kamu tidak bisa mengkonsumsinya. Yoghurt memang terkenal sebagai salah satu minuman, tapi tahu kah kamu selain untuk minuman, yoghurt juga bisa untuk mencegah rambut rontok. Oleskan yoghurt pada rambut. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Jeruk Nipis

jeruk nipis untuk rambut rontok

Iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Usapkan secara merata pada kulit kepala. Selain untuk mencegah rambut rontok, bagi kamu yang memiliki masalah ketombe pada kulit kepala bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dengan cepat dan efektif. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas.

8. Minyak Kemiri

minyak kemiri untuk rambut rontok

Minyak kemiri merupakan resep yang secara turun temurun untuk membantu mencegah rambut rontok. Saat ini minyak kemiri sudah bisa langsung dibeli tidak harus menggunakan cara tradisional lagi. Selain untuk mencegah rambut rontok, minyak kemiri juga bisa untuk menumbuhkan jenggot dan kumis serta bisa membantu menghitamkan rambut kamu. Tapi jangan sampai salah beli minyak kemiri ya, kamu harus teliti mana minyak kemiri yang asli berkualitas dengan yang palsu.

9. Putih Telur

putih telur

Putih telur merupakan salah satu perawatan rambut khususnya untuk rambut rontok, pisahkan kuning telur dengan putih telur terlebih dahulu. Lalu kocok putih telur sampai berbentuk pasta. Oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Jangan Sisir Rambut Saat Basah

cara menyisir rambut

Kamu punya kebiasaan sisir rambut saat basah? Atau tidur dalam keadaan rambut masih basah? Hmm sebaiknya mulai sekarang jangan dilakukan lagi kebiasan buruk ini. Tidur dengan kondisi rambut yang masih basah, membuat resiko rambut mudah patah semakin tinggi. Selain itu pilih sisir yang bergigi jarang untuk meminimalisir rambut rontok dan patah. Itu dia 10 Tips Cara Mencegah Rambut Rontok secara alami.

Beberapa obat rambut rontok mungkin bisa cepat menghilangkan rambut yang rontok parah, namun alangkah baiknya kita melakukan perawatan secara alami. Untuk hasil yang lebih maksimal jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin E . Selain baik untuk tubuh kita, pola makan yang sehat  dan baik bisa membantu menjaga kesehatan rambut.