Rontok merupakan satu dari sekian banyak masalah rambut yang di alami oleh setiap orang. Terkadang membuat para wanita rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengobati rambut yang rontok.

Tapi tahukah kamu? Masalah rontok bisa diakibatan karena pemilihan shampo yang kurang tepat untuk jenis kulit kepala kamu serta jenis kerontokan itu sendiiri. Maka dari itu sebelum memilih obat rambut rontok sebaiknya kamu cari tahu dulu apa yang sebenernya dibutuhkan oleh rambut kamu.

3 Jenis Kulit Kepala Pada Rambut Manusia

obat rambut rontok

Rambut kita terdiri dari 3 jenis kulit kepala, yaitu kulit kepala kering, berminyak dan normal. Dari masing-masing jenis kulit kepala ini, cara merawatnya pun berbeda.  Seperti, kulit kepala kering, kamu cukup membersihkan kepala kamu sebanyak 2 sampai 3 kali keramas dalam seminggu. Untuk jenis kulit kepala berminyak, kamu bisa mencucinya setiap hari. Sedangkan untuk kulit kepala normal kamu cukup mencuci rambut kamu sebanyak 2 kali dalam seminggu, tapi jika kamu memiliki aktifitas diluar ruang yang membuat rambut kamu sering terkena polusi kamu bisa mencucinya setiap hari.

Jika kamu sudah bisa mengenali jenis kulit kepala kamu yang sesungguhnya, step selanjutnya kamu harus mengetahui jenis kerontokan pada rambut kamu agar kamu bisa tepat memilih obat rambut rontok untuk kamu.

Ada 3 Jenis Kerontokan & Cara Memilih Obat Rambut Rontok

1. Rontok Akibat Patah ( Hair Fall)

hair fall

Rontok jenis ini biasanya diakibatkan karena kondisi kulit kepala yang kering dan kekurangan vitamin akibatnya rambut mudah rapuh dan patah. Jika masalah kamu adalah rontok akibat patah maka sebaiknya kamu melakukan perawatan rambut seperti pilih shampo untuk rambut rontok patah atau Hair Fall seperti Sunsilk Hair Fall Treatment Shampoo, Dove Hair Fall Treatment Shampoo atau Pantene Hair Fall Treatment Shampoo. selain itu, kamu juga bisa melakukan deep conditiong atau memberian condisioner yang lebih lama pada rambut sekitar 30 menit dengan membungkus rambut dengan handuk hangat dan pada saat keramas gunakan air dingin agar rambut terlihat berkilat dan sehat kemudian keringkan rambut secara alami.

2. Rontok Dari Akar Rambut ( Hair Loss)

hair loss

Kerontokan jenis ke dua terjadi dari akar rambut, biasanya ini terjadi karena kulit kepala yang kekurangan vitamim dan terlalu banyak kandungan zat kimia yang diserap oleh kulit kepala. Lalu kamu harus bagaimana? pertama-tama mungkin kamu bisa mulai dengan tidak terlalu sering melakukan keramas. Karena pada saat keramas kamu memberikan shampo yang memiliki kandungan zat kima didalamnya.

Jadi sebaiknya keramas minimal 2 hari sekali.  Kedua, ada baiknya sebelum memilih shampo untuk rambut rontok kamu membaca terlebih dahulu kandungan pada shampo tersebut. Pilihlah shampo yang memiliki kandungan serum untuk memperkuat rambut dari akarnya seperti Rudy Hadisuwarno Hairloss, Natur Hairloss Shampoo atau NR Hair Loss Shampoo.

3. Kerontokan Akibat Ketombe

kerontokan akibat ketombe

Jenis kerontokan yang terakhir adalah akibat dari ketombe. Sudah rontok, ketombe pula. Ini memang menyebalkan untuk sebagain wanita. Tapi kamu tidak perlu khawatir kita kan memberikan solusinya untuk kamu. Oke, cara mengatasi kerontokan akibat ketombe yang pertama adalah hilangkan ketombe dari kulit kepala kamu terlebih dahulu, mengapa demikian? jika kulit kamu berketombe, bintik-bintik putih tersebut akan menutupi folikel rambut, jadi hilangkan ketombenya dulu baru atasi kerontokan rambut kamu. Langkah selanjutnya adalah pilihlah shampo untuk rambut rontok. Cara memilih shampo untuk rambut rontok adalah lihat pada kemasaran shampo dan cari yang mengandung sulfur dan zinc seperti Head n Shoulders Dandruff, Clear Dandruff Shampoo, Selsun Shampoo.

Nah, itu dia beberapa cara mengobati rambut kamu yang rontok, agar tidak salah mengobati kenali masalahnya baru cari solusinya. Walau beberapa obat dan shampoo diatas bisa mengatasi, namun dianjurkan menggunakan obat rambut rontok yang alami karena selain lebih sehat juga aman dari kandungan zat-zat kimia.